EkstrakurikulerPeleton Inti

Peleton Inti

Story Highlights
  • Knowledge is power
  • The Future Of Possible
  • Hibs and Ross County fans on final
  • Tip of the day: That man again
  • Hibs and Ross County fans on final
  • Spieth in danger of missing cut

Peleton Inti atau “TONTI” adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler di SMPN 12 YOGYAKARTA yang merupakan organisasi siswa untuk membentuk tim PBB (Pasukan Baris-Berbaris) dan TUB (Tata Upacara Bendera). Dengan demikian, pengadaan upacara bendera setiap hari senin atau hari-hari tertentu yang wajib mengadakan upacara bendera akan lebih mudah untuk mempersiapkan petugas upacara bandera. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan karakteristik bangsa seperti tumbuh sikap disiplin, gotong-royong dan cinta tanah air dan bangsa (patriotisme).

Kegiatan TONTI di tingkat SMP merupakan strategi bagus dalam meningkatkan jiwa patriotisme kebangsaan dan dapat memerangi budaya dari luar yang dapat merusak moralitas pemuda Indonesia seperti balap motor liar, penggunaan narkoba dan lain-lain. Oleh kerana itu, dibutuhkan ada dukungan baik dari pihak sekolah atau wali peserta didik dalam mensukseskan kegiatan Peleton Inti ini.

Peleton Inti sebagai organisasi siswa untuk menyalurkan bakat, minat, keterampilan dan pengetahuan peserta didik baik dalam hal baris-berbaris dan atau tata upacara bendera. Tujuan dari kegiatan peleton ini di kemudian hari adalah peserta didik mampu menjadi petugas upacara baik di Sekolah, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten atau tingkat Nasional. Adapun kegiatan-kegitan TONTI adalah PBB Statis, PBB Dinamis, PBB Senjata, Upacara dan Paskibra.

Kegiatan ini ditujukan kepada siswa-siswi SMPN 12 YOGYAKARTA yang mempunyai bakat, minat, keterampilan dan pengetahuan pada kegiatan Pelatihan Baris-berbaris dan Tata Upacara Bendera. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan dilaksanakan setiap satu minggu sekali dan di sore hari.

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close