Program Kerja

SMPN 12 YOGYAKARTA MEMILIKI PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK DAN PANJANG, YAITU :

PROGRAM JANGKA PENDEK (1 TAHUN) :

  1. Menyukseskan sebagai Sekolah Adiwiyata dan penataan Lingkungan Sekolah.
  2. Menjalin Kerjasama dengan berbagai instansi dalam rangka pengembangan Sekolah.
  3. Meningkatkan Mutu Lulusan dengan banyak siswa yang berpretasi dan melanjutkan studi ke sekolah terbaik sesuai dengan cita-cita mereka.
  4. Melasanakan pembelajaran Daring/Luring selama pandemi COVID 19.
  5. Memperbaiki managmen dan daya serap keuangan.
  6. Pembenahan Managmen sekolah dengan dengan Managmen berbasis IT .

PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG :

  1. Peningkatan budaya IMTAQ di lingkungan sekolah.
  2. Pembudayaan 7 S dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mengembangkan rasa saling 3 A (Asih, Asah, dan Asuh) sehingga tumbuhnya kesalehan sosial
  4. Pengembangan kurikulum yang berferensiasi.
  5. Pengembangan fasilitas Pendidikan untuk optimalisasi pelayanan kepada siswa.
  6. Peningkatan sumber/alat/media/bahan pembelajaran.
  7. Pengembangan rata-rata nilai antar mata pelajaran yang relatif homogen.
  8. Peningkatan dan Pengembangan STSE (SATEMALING) sehingga tercipta literasi IPTEK di lingkungan sekolah.
  9. Pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan.
  10. Pengembangan standar pembiayaan pendidikan.
  11. Peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen (Digitalisasi managmen).
  12. Peningkatan mutu kelulusan yang mampu bersaing di era global dengan berpegang pada budaya/karakter bangsa.
  13. Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik.

PROGRAM SEKOLAH UNTUK PROSES PEMBELAJARAN DARING

A.DENGAN WHATSAPP GROUP ( WAG )
Wali Kelas membuat WhatsApp Grup (WAG) sebagai koordinator setiap kelas dengan anggota:

  1. Kepala Sekolah atau salah satu Waka atau staf.
  2. Guru mata pelajaran yang mengajar kelas tersebut.
  3. Siswa dalam satu kelas.
  4. Orang tua/wali.

BDengan FBG
Wali Kelas membuat Facebook Grup (FBG) yang bersifat tertutup sebagai koordinator setiap kelas dengan anggota:

  1. Kepala Sekolah atau salah satu Waka atau staf.
  2. Guru mata pelajaran yang mengajar kelas tersebut.
  3. Siswa dalam satu kelas.
  4. Perwakilan orang tua/wali (jumlah maksimal 50 orang dengan FB Massenger).

C. Dengan Microsof 365 (Teams)
Wali Kelas membuat Link Join Meeting yang bersifat tertutup sebagai koordinator setiap kelas dengan anggota:

  1. Kepala Sekolah atau salah satu Waka atau staf
  2. Guru mata pelajaran yang mengajar kelas tersebut
  3. Siswa dalam satu kelas
  4. Orang tua/wali

PROGRAM SEKOLAH UNTUK PROSES PEMBELAJARAN LURING

  1. Sekolah berencana membuat radio pemancar (Voxpayana Radio) yang sangat terbatas (ferekusi tertentu) untuk dapat diakses oleh siswa.
  2. Guru sebagai penyiar, akan menyampaikan materi pembelajaran pada siang hari.
  3. Materi yang disampikan adalah materi yang diberikan pada pagi hari.
  4. Akan dibuka kelas tingkat RW (dengan memanfaatkan balai RW) sesuai dengan komposisi siswa yang ada di sekitar RW tersebut
  5. Guru akan menyiapkan materi (modul/buku) yang siap untuk dipelajari oleh siswa.

PERAN ORANG TUA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING/LURING DI RUMAH

  1. Membiasakan anak beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
  2. Menyepakati aturan dalam keluarga (misalnya, waktu belajar, waktu membantu orang tua, waktu beribadah, waktu beristirahat, dll).
  3. Menciptakan suasana aman dan nyaman di rumah).
  4. Membiasakan HBS (hidup bersih dan sehat).
  5. Melakukan kegiatan bersama dengan anak (missal : beribadah bersama, olahraga bersama, rekreasi bersama).
  6. Mendukung minat dan bakat anak sehingga potensinya dapat berkembang secara optimal.
  7. Sebelum anak belajar Daring/Luring dibiasakan untuk sarapan pagi dengan memenuhi gizi seimbang.
  8. Membisakan anak dalam proses pebelajaran Daring/Luring supaya tepat waktu.
  9. Diharap anak pada proses pebelajaran Daring/Luring supaya menggunakan seragam sekolah sesuai dengan ketentuan dari Sekolah.
  10. Jika anak mengalami kesulitan dalam proses/materi pembelajaran Daring/Luring, maka bisa hubungi guru yang bersangkutan atau wali kelas.
Back to top button
Close
Close