ArtikelEkstrakurikulerKIR

Voxpayana Kembali Ukir Prestasi di Ajang Kompetisi Karya Ilmiah Internasional

Kabar gembira, Voxpayana !

Team Visi Club SMPN 12 Jogjakarta kembali urai prestasi di bidang karya ilmiah tingkat internasional. Dengan advisor bapak Abdurrahman, S.Pd., M.Pd.Si dan pembimbing Ibu Okti, telah memborong banyak kemenangan berupa 2 Gold Medal, 2 Silver Medal dan 1 Bronze Medal di event International Science and Invention Fair (ISIF) 2021 yang berlangsung pada tanggal 1-24 November 2021. Acara ini menjadi event internasional tahunan yang bergengsi dan diadakan oleh Indonesia Young Scientist Assocation (IYSA). Event ISIF 2021 diikuti sekitar 407 peserta dari 43 negara di seluruh dunia.

Di sini prestasi SMPN 12 Yogyakarta memberikan bukti, bahwa anak-anak yang bersekolah di sini mampu bersaing di kancah internasional. Acara International Science and Invention Fair (ISIF) 2021 berlangsung sangat seru dan menegangkan. Seluruh partisipan dibagi ke dalam beberapa room untuk mempresentasikan karyanya di depan 3 juri. Setiap tim diberikan waktu 7 menit untuk presentasi dan 8 menit untuk tanya jawab.

Team Visi Club Voxpayana dihadapkan dengan juri yang berasal dari India, China, dan Indonesia. “Sempat tegang dan tidak berharap banyak karena ratusan kompetitor kami berasal dari luar dan dalam negeri yang memiliki berbagai ide brilian. Alhamdulillah, berkat kerja keras, do’a dan perjuangan yang kami lakukan, kami bisa menyelesaikan sesi presentasi dengan lancar dan berhasil meraih Gold Medal di acara ISIF 2020 ini” kata Megan salah satu peserta kompetisi ISIF 2021 yang pada saat pengumuman pemenang mendapatkan waktu di akhir sesi.

Dan berikut adalah daftar perolehan medali tim Visi Club SMPN 12 Jogjakarta.

MAMPIR (Mataram Management Parking) (Gold Medal)
1. Chelsea Aurelia Schmidlen (8B)
2. Niwang Sukma Sangada Dewi (9E)
3. Ananda Febby Damayanti (9E)

Alkaloid-Rich Korean Blue Tea as A Product to Aid In Detoxification (Gold Medal)
1. Redyan Wardana Nathan Saputra(8D)
2. Megan Helbra Sahasika (8C)
3. Rizka Nur Shafa (9C)
4. Aditya Esa Naveda (8D)
5. Irdina Kamilia (8C)

UTILIZATION OF WASTE KETAPANG SEEDS TO MAKE MILK FROM KETAPANG SEEDS (Bronze Medal)
1. Ghrena Listu Prathita (9A)
2. Verina Janice Harianto (9A)
3. Elisabeth Kersta Manuela (8B)
4. Nasha Aulia (8B)

The Influence of the TikTok Application on the Learning Interest of Junior High School Students in the Yogyakarta City during Covid-19 Pandemic (Silver Medal)
1. Ridho Fathurrahman (9B)
2. Avellino Gala Adhrista (9B)
3. Made Aditya Ganendra Gautama (9E)

Impact and Alternative Solutions for the Covid 19 Pandemic on The Learning Achievements of Junior High School Students in Yogyakarta City (Silver Medal)
1. Sari Oktaviani Nurhidayati (9E)
2. Sabrina Putri Fajria(8A)
3. Nurhidayani Dalimunthe (8D)
4. Kamalia Salma Rahma Dewi (8B)

Kemenangan ini bukan semata kesuksesan peserta saja, namun juga berkat dukungan penuh dari pihak Bapak Ibu Guru SMPN 12 Yogyakarta, Orang Tua Siswa serta segenap keluarga besar SMPN 12 Yogyakarta.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =

Back to top button