EkstrakurikulerPramuka

Pramuka

Pada kurikulum 2013, kegiatan ekstrakurikuler Praja Muda Karana, atau biasa akrab disebut Pramuka, akan menjadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib bagi peserta didik. Begitu pula di SMPN 12 Yogyakarta, ekstrakurikuler Pramuka wajib bagi siswa kelas 7 dan 8. Untuk kelas 7 ekstrakurikuler Pramuka dilaksanakan hari Selasa, sedangkan untuk kelas 8 Pramuka dilaksanakan hari Jumat.

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan bagi siswa di Satuan Pendidikan adalah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka.

Dewan Penggalang di SMPN 12 Yogyakarta bahkan telah menorehkan prestasi di ajang perlombaan LT.

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − one =

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close