Info LombaInfo SekolahKIRPrestasi

SMPN 12 JOGJA MEMBORONG BANYAK KEMENANGAN DI AJANG INTERNATIONAL

VOXPAYANA MEMBAHANA

SMPN 12 Yogyakarta membahana….

Hari Ahad, 15 November 2020 menjadi waktu yang mendebarkan saat diumumkannya hasil lomba Karya Ilmiah bertaraf internasional  melalui daring yang diselenggarakan  oleh Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia (IYSA) bekerja sama dengan Institut Ilmu Kehidupan Internasional Indonesia (i3L) Indonesia 2020, yang bertajuk “International Science and Invention Fair (ISIF)” sebagai wadah pembelajaran yang tepat untuk membina para inventor muda berbakat yang aktif, kreatif dan inovatif.

Gelaran tahunan bergengsi skala internasional yang tahun 2020 diikuti peserta dari 30 negara kali ini memang melahirkan ketegangan mengingat di masa pandemi semakin banyak karya cipta kreatif  nan inovatif dihasilkan. Banyak peserta menelurkan kreasi yang dimotivasi kondisi pandemi. Masa tegang ini kelanjutan dari jadwal sebelumnya dimana sesi penjurian dilaksanakan. Ketegangan tidak hanya karena melihat para pesaing yang memiliki karya bagus namun juga karena presentasi dan penjurian semua dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Artinya para peserta tidak sekedar paham apa yang dihasilkan namun yang tidak kalah beratnya adalah bagaimana menyampaikan paparan dan menjawab semua pertanyaan para juri dengan bahasa inggris yang lugas dan jelas. Namun dari semua, sesungguhnya para peserta paham bahwa lawan terberat yang dihadapi sesungguhnya adalah : menghilangkan perasaan inferior dalam diri sendiri.

Para guru Bimbingan Konseling dilibatkan, berbagi tugas menyiapkan mental para peserta. Memecahkan mental blocking serta keraguan. Didukung Bapak Ibu Guru yang lainnya yang turut memberi semangat serta dukungan kepada para peserta yang harus wira-wiri ke sekolah, menguji project, mengevaluasi hasil kerja, membuat video presentasi, membuat paper work serta melatih kemampuan Public Speaking yang harus disiapkan secara bersamaan.

Kerja  keras membuahkan hasil, SMPN 12 Yogyakarta sekali lagi membahana prestasinya, dengan disabetnya 4 kemenangan sekaligus, 1 kategori Pendidik (Guru) dan 3 kategori Anak Didik (Siswa dan Murid). Prestasi ini sangat membanggakan bagi sekolah karena head to head tidak sekedar antara sesama anak SMP namun juga harus berkompetisi dengan peserta dari kalangan anak SMA, serta lintas negara.

Selamat dan sukses buat Bapak Ibu Guru serta anak-anak SMPN 12 Yogyakarta yang telah membagi waktu serta tenaganya di masa pembelajaran daring untuk tetap berkreasi dan berinovasi. Dan berikut adalah pemenang kompetisi kali ini :

Peserta guru yang mengikuti adalah :

KATEGORI JUARA  SILVER : THE USE OF ALGEBRA BLOCKS TO LEARN QUADRATIC EQUATIONS USING A REALISTIC MATHEMATICAL APPROAC

  1. Cristina Erlin Disasmitowati, M.Pd
  2. Raphael Krismanto P A, S.Pd

Kemudian untuk peserta siswa adalah :

KATEGORI JUARA GOLD : “SAY NO TO NOISY” DETECTOR
1. Niwang Sukma Sangnada Dewi (8E)
2. Jilliant Aufa Exel Charazain (9E)
3. Sabrina Ratu Chalia (9E)

KATEGORI JUARA SILVER : FACESHIELD OF BODY TEMPERATURE DETECTION
1. Chelsea Aurelia Schmidlen (7B)
2. Keisya Estrelita Herdianty (7E)
3. Megan Helbra Sahashika (7C)

KATEGORI JUARA BRONZE : “5 in 1 PORTAL” AS EARLY PREVENTION OF COVID-19 TRANSMISSION
1. Jethro Nikollino (9E)
2. Ananda Febby Damayanti (8E)
3. Ghrena Listu Prathita (8A)

 

Ceremonial penyerahan penghargaan prestasi bergengsi tersebut selanjutnya dilakukan pada hari Senin, 16 November di hall SMPN 12 Yogyakarta dan diserahkan langsung Kabid SMP. Bapak Drs. Racmat .M.Pd Disaksikan Bapak Abdurrahman selaku Kepala Sekolah di Depan Bapak Ibu Guru serta Perwakilan Orang Tua siswa yang memperoleh juara.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada :

  1. Bapak Abdurrahman, S.Pd., M.Pd.Si, selaku Kepala sekolah SMPN 12 Yogyakarta.
  2. Ibu Oktiana Dwi Astuti selaku Guru Pembimbing Karya Ilmiah.
  3. Bapak Zaki, Pak Adam, Bu Widi selaku Guru Bimbingan Konseling yang mendampingi sesi publikasi dan penjurian.
  4. Bapak Thomas selaku Humas.
  5. Segenap Bapak Ibu Guru SMPN 12 Yogyakarta yang telah mendukung kegiatan ini.
  6. Para Peserta serta Orang Tua Siswa Pelaksana Kegiatan ISIF 2020.

Video Presentasi siswa Voxpayana

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 9 =

Back to top button
Close
Close