ArtikelArtikel InspiratifOSIS

Kepemimpinan

Pemimpin merupakan faktor penentu dalam menentukan hasil usaha yang dilakukan oleh suatu organisasi. Sehingga, pada prinsipnya, pemimpinlah yang memiliki kesempatan paling besar untuk ‘merubah jerami menjadi emas‘ atau ‘merubah tumpukan uang menjadi abu‘. Peribahasa tersebut menjelaskan bahwa faktor pemimpin merupakan faktor utama yang dapat menentukan maju/ mundur serta hidup/ matinya sebuah organisasi.
Ada beberapa sebab munculnya seorang pemimpin:

1. Teori Genetis, yang menyatakan bahwa pemimpin itu tidak dibuat, melainkan pemimpin itu timbul/ ada dengan sendirinya.
2. Teori Sosial, yang menyatakan bahwa pemimpin itu harus dipersiapkan (melalui pendidikan). Setiap orang bisa menjadi pemimpin apabila mendapat pendidikan yang layak.
3. Teori Ekologis (Sintesis), yang menyatakan bahwa pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang memiliki bakat memimpin dan kemudian dikembangkan melalui usaha pendidikan dan pengembangan pengalaman.

Setiap pemimpin memiliki sifat, watak, serta kepribadian yang unik dan berbeda satu sama lain. Ada tipe yang baik, buruk, maupun gabungan antara keduanya. Beberapa tipe pemimpin yang baik, antara lain adalah pemimpin tipe developer/pembangun. Tipe ini merupakan pemimpin yang kreatif, dinamis, baik dalam pelimpahan wewenang kepada bawahan, serta percaya kepada bawahan. Selain itu ada tipe pemimpin yang kharismatik. Pemimpin tipe ini merupakan pribadi yang memiliki kelebihan berupa daya tarik dan pembawaannya yang tinggi. Tipe ini dianggap mempunyai kekuatan luar biasa yang dapat membuat banyak orang kagum. Ada juga tipe pemimpin eksekutif, yaitu pemimpin yang dapat memberikan motivasi serta dapat dijadikan contoh, tekun, dan pandangan serta wawasannya luas. Beberapa tipe pemimpin yang buruk, seperti tipe otokrat. Pemimpin bertipe ini adalah seseorang yang tegas tetapi kasar, bersifat diktatoris, mau menang sendiri, keras kepala dan angkuh. Selain itu ada juga pemimpin tipe compromiser/ pengkompromi yang lemah dalam pengambilan keputusan serta memiliki pendirian yang lemah.
Pemimpin yang baik mengetahui teknik- teknik kepemimpinan dan menerapkannya dalam berorganisasi. Beberapa teknik itu, antara lain:

1. Etika dan tingkah laku profesi pemimpin

2. Dinamika kelompok
3. Komunikasi
4. Pengambilan keputusan
5. Keterampilan berdiskusi

Seorang pemimpin harus memiliki sifat- sifat sebagai berikut:
– Kuat secara mental dan fisik
– Bersemangat
– Ramah dan kasih sayang
– Jujur
– Memiliki kemampuan/ keterampilan
– Tegas dan cepat dalam mengambil keputusan
– Cerdas dan bijaksana
– Dapat dipercaya
– Dapat mengendalikan emosi
– Bersifat objektif dan adil
– Bisa memberi perintah, celaan, pujian, dan koreksi
– Bisa menerima saran atau kritik
– Memperhatikan rekan kelompoknya
– Menciptakan disiplin dengan memberi contoh

Semoga artikel ini bermanfaat:)

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 12 =

Back to top button
Close
Close