ArtikelInfo Sekolah

PERAYAAN HARI RAYA IDUL ADHA DI SMPN 12 YOGYAKARTA

Setiap tanggal 10 Zulhijah semua umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunahkan untuk berkurban yaitu dengan menyembelih hewan kurban untuk kemudian dibagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. SMP Negeri 12 Yogyakarta menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada hari Rabu, 14 Agustus 2019.

Seperti kita ketahui bahwa hukum kurban adalah sunnah muakkadah, dianjurkan bagi orang yang mampu melakukannya dan jika meninggalkan maka hukumnya makruh. SMP Negeri 12 Yogyakarta melakukan kurban dan latihan kurban dengan menghimpun dana dari berbagai sumber, di antaranya yaitu infak Bapak/Ibu guru, karyawan, serta siswa. Akhirnya bisa mengumpulkan sejumlah uang yang mampu untuk membeli 1 ekor sapi untuk latihan kurban. Selain itu, 1 ekor sapi lagi dari para shohibul kurban, antara lain Sekar Teguh kelas 8E, Zidan Haikal Pradana kelas 9E, Ibu Dra. Suryani guru SMPN 12, Ibu Nuryati, S.Pd guru SMPN 12, Ayla Salfa Ekawati kelas 7D, Galuh kelas 8E, serta keluarga Pringgo Triyoso (keluarga Ibu Widi Lestari, S.Pd).

Kegiatan kurban dilaksanakan pukul 07.00 WIB yang dipimpin oleh Bapak Haji Rajiyono, S.Pdi guru Agama Islam SMP Negeri 12 Yogyakarta dibantu dengan para jagal dan panitia kurban. Setelah sapi disembelih, kemudian ditimbang dan didapat jumlah total daging 120 kg per sapinya. Kegiatan selanjutnya adalah lomba memasak karena daging kurban sebagian diberikan kepada perwakilan kelas untuk dilombakan. Anak-anak sangat antusias untuk memasak daging kurban di halaman depan sekolah dan di seputar lingkungan sekolah. Kegiatan memasak berakhir pukul 11.00 WIB sehingga sebelum dzuhur anak-anak sudah bisa menikmati hasil lomba dan makan bersama.

Pemenang lomba memasak adalah kelas 9B sebagai juara 1, kelas 7E sebagai juara 2, dan juara 3 diraih oleh kelas 8C. Para pemenang lomba nantinya akan mendapat hadiah yang akan diserahkan oleh ketua panitia Bapak Margono, S.Pd,M.M besok hari Sabtu, 17 Agustus 2019 bertepatan dengan upacara Hari Kemerdekaan ke-74 RI. Secara umum kegiatan kurban berjalan dengan baik, tepat waktu, dan meriah karena kegiatan melibatkan seluruh warga sekolah.

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 17 =

Back to top button
Close
Close