ArtikelInfo Sekolah

JIWA VOXPAYANA AKTUALKAH DALAM PENDIDIKAN MASA KINI?

Kurikulum 2013 mengamanatkan pendidikan dilaksanakan untuk mempersiapkan peserta didik (siswa) mampu menjawab tantangan zaman. Zaman hanya memberikan tempat untuk sukses dan mampu menjadi kebanggaan keluarga dan bangsa kepada setiap warga negara yang mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Tantangan kerja dan wirausaha pada 10 tahun mendatang ditandai dengan pasar bebas Asia dan bonus demografi bagi Indonesia.

Tenaga kerja dan wirausahawan Indonesia harus mampu bersaing dengan yang berasal dari negara-negara sekelas Malaysia, Jepang, Korea, Thailand yang saat ini sudah sangat maju dalam menyediakan tenaga kerja dan wirausahawan di Indonesia dan kawasan Asia. Pertambahan penduduk yang sangat tinggi (bonus demografi) menjadi tantangan tersendiri bagi siswa yang mau tidak mau harus menghadapi kenyataan persaingan yang keras dan kesempatan kerja yang semakin sempit.

Sekolah dengan kasih sayang kepada siswa menyelenggarakan memerlukan kegiatan pendukung untuk mendidik siswa menjadi tenaga kerja dan wirausahawan sesuai dengan tuntutan zaman di atas. Kegiatan pembentukan sikap baik dilaksanakan dengan efektif dan berkesinambungan dimulai dari pagi ketika siswa masuk ke halaman sekolah sampai dengan siang ketika siswa keluar dari halaman sekolah. Bahkan tidak sedikit, guru berkomunikasi melalui telepon, sms, atau media sosial.

SMP Negeri 12 Yogyakarta memiliki nama khas Voxpayana sebagai salah satu lambang identitas. Permasalahannya adalah: Masih aktualkah nama khas Voxpayana sebagai salah satu lambang identitas SMP Negeri 12 Yogyakarta dalam mengobarkan motivasi siswa untuk selalu belajar dan belajar? Tujuan makalah ini adalah menerangjelaskan:

A. ARTI “VOXPAYANA”

Secara filosofis, Voxpayana berarti “Suara ilmu Sejati”. Ditinjau dari aspek etimologis Voxpayana berasal dari kata vox dan payana. Vox berarti “suara”. Payana adalah epilog (nama belakang) tokoh cerita pewayangan Krsna Dwipayana sebagai pembimbing Pandawa yang “selalu memberikan ilmu sejati”. Ilmu sejati bercirikan baik dan bermanfaat. Ilmu yang baik dan bermanfaat bagi manusia hanya berasal dari Tuhan yang Maha Esa.

Pandawa adalah negeri idaman bagi setiap manusia. Negeri Pandawa adalah negeri yang sejahtera. Kesejahteraan Pandawa bukan turun dari langit begitu saja tanpa usaha. Kesejahteraan negeri tercapai karena dipimpin oleh raja yang cerdas, dapat menjadi teladan, amanah, demokratis, dan penuh kasih sayang antara pemimpin dan rakyatnya.
Setiap institusi memiliki lambang indentitas berupa badge, bendera, lagu mars, dan nama khas sesuai dengan tujuan dan peran institusi tersebut. SMP Negeri 12 Yogyakarta memiliki bendera Voxpayana, badge SMP 12 Yogyakarta, lagu mars “SMP 12 Yogyakarta”, dan nama khas “Voxpayana”. Lambang identitas merupakan sarana untuk menumbuhkan motivasi siswa untuk mencapai kesuksesan hidup dengan mengembangkan kecerdasan (knowledge dan psikomotorik) dan afeksi (sikap baik/ karakter) dalam bentuk sikap bertanggung jawab, kreatif, demokratis, berani, gigih, santun, ilmiah, dan jujur.

Lambang identitas nama khas VOXPAYANA “Suara ilmu sejati” yang diharapkan bermanfaat untuk membakar SEMANGAT siswa untuk selalau menggali ilmu seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya kemudian menerapkan ilmu tersebut selama menjadi siswa dan ketika sudah menjadi dewasa di dalam masyarakat.

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 4 =

Back to top button
Close
Close